Kamis, 03 Januari 2008

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI)

http://lib.ugm.ac.id/fppti/index.html

Sekilas FPPTI
Terbentuknya organisasi Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bermula dari pemikiran Perpustakaan Nasional RI tentang format pembinaan perpustakaan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang disampaikan pada rapat para Kepala Perpustakaan PTN dan PTS se Jawa pada tanggal 19-30 September 1999. Ide ini kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi/FPPTI tanggal 12 Oktober 2000 di Ciawi Bogor.
Berdirinya organisasi ini didasarkan pada realita bahwa perpustakaan Perguruan Tinggi belum mampu berperan optimal dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi, adanya kesenjangan pendidikan tenaga fungsional pustakawan dan dosen, seretnya kerjasama antar perpustakaan Perguruan Tinggi, dan rendahnya pendidikan pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu terwujudnya FPPTI ini diharapkan mampu meningkatkan profesi sumber daya manusia perpustakaan, kerjasama antar perpustakaan PT, dan meningkatnya peran perpustakaan PT dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.

Berdirinya FPPTI-DIY
Embrio berdirinya FPPTI DIY bermula dari pertemuan pengelola perpustakaan PTN dan PTS se DIY di Auditorium UII Jl. Cik Ditiro Yogyakarta, yang dihadiri oleh Dra. Luki Wijayanti, M.Si (Ketua FPPTI Pusat). Kemudian diselenggarakan rapat di UPT Perpustakaan UII Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta tentang pembentukan formatur calon pengurus FPPTI DIY. Pada tanggal 14 Nopember 2003 formatur mengadakan rapat lagi di UPT Perpustakaan UGM unit 1 Bulaksumur Yogyakarta untuk melengkapi kepengurusan FPPTI DIY. Kemudian tanggal 14 Nopember disepakati sebagai tanggal berdirinya FPPTI Propinsi DIY.

Tujuan
Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, berdiri dengan tujuan:
1. Meningkatkan peran dan status perpustakaan Perguruan Tinggi dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi
2. Meningkatkan kerjasama antar perpustakaan Perguruan Tinggi DIY dan lainnya.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi DIY
4. Meningkatkan profesi dan fungsional pustakawan perpustakaan Perguruan Tinggi DIY

Visi
FPPTI adalah wahana kerjasama antar-perpustakaan perguruan tinggi

Misi
FPPTI menjadi mitra dalam melaksanakan pembinaan perpustakaan perguruan tinggi

Tidak ada komentar: