Rabu, 02 Januari 2008

Pemda DIY * * * * *

http://www.pemda-diy.go.id/

Sri Sultan Hamengku Buwono X Terpilih Sebagai People Of The Year 2007, dikirim pada 28 Dec 2007

Versi Koran Seputar Indonesia, Untuk Bidang Politik

KEPATIHAN, YOGYAKARTA – Sri Sultan Hamengku Buwono X terpilih sebagai People of The Year 2007 Bidang Politik versi Koran Seputar Indonesia (Sindo). Selain Sultan ada 3 tokoh lain yang terpilih untuk bidang-bidang yang berbeda, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ( bidang ekonomi), Ketua KPK Taufiequrachman Ruki (bidang hukum), dan Prof Sardono Waluyo Kusumo ( bidang budaya). Demikian diberitakan Koran Seputar Indonesia edisi Jum’at 28 Desember 2007.



Menurut Koran Sindo, terpilihnya keempat nama tersebut setelah melalui proses penyaringan yang melibatkan pakar dibidangnya. Secara garis besar mereka terpilih karena keempat tokoh tersebut dinlai sebagai orang-ornag cerdas, berani, tidak mudah puas dengan kemapanan. Mereka termasuk minoritas, tetapi memiliki prakarsa, pikiran-pikiran orisinal, dan berada di depan yang lain. Minoritas inilah yang membawa sejarah ke tahap yang baru.

Para pakar yang dilibatkan dalam pemilihan nominator antara lain Arbi Sanit ( Dosen Fisip UI), Bachtiar Aly (Guru Besar Fisip UI), Arswendo Atmowiloto (budayawan dan wartawan), Sujiwo Tejo ( Dalang, Pemain Teater, Sutradara dan Pemain Film), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro ( Dekan FE UI), Hendardi ( Pengacara, Ketua Badan Pengurus PBHI), Hikmahanto Juwana ( Dekan Fakultas Hukum UI), dan Hendrawan Supratikno ( Dosen FE Universitas Satya Wacana Salatiga dan Anggota Strategy Management Society Purdue University USA).

Mereka yang sudah masuk daftar nominasi kemudian dilakukan pemilihan dengan menjaring suara masyarakat melalui survey on line, survey via tilpon dan survey questioner. Survey tilpon dilakukan di 9 kota besar, yakni Jakarta, bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, Makasar dan Denpasar. Total responden yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2.167 responden, terjaring melalui ketiga metode pengumpulan data yang digunakan.

Prof. Sofian Effendi, PH.D.MPIA, dalam artikerl tulisannya yang dimuat di Koran Sindo edisi 28 Desember 2007, menyatakan bahwa Sri Sultan unggul dalam pemilihan People of The Year Bidang Politik karena tiga alasan : Pertama, beliau dipandang sebagai tokoh yang dekat dengan rakyat, tidak saja dengan kawula Ngayogya, yang tinggal di Yogyakatrta maupun di luar DIY, tetapi dengan hamper semua etnis berbahasa Jawa; Kedua , beliau dipandang sebagai tokoh yang berani dan tidak mementingkan kedudukan karena telah menyatakan tidak berkenan dicalonkan lagi sebagai Gubernur DIY; dan Ketiga Sri Sultan dianggpa sebagai salah satu penggerak reformasi untuk mendorong transisi Indonesia menuju masyarakat demokratis.

Subbid Pemberitaan

Tidak ada komentar: